Teknologi

Singapura kemudian Pakistan Ciptakan Serial Kecerdasan Buatan tentang Nabi Muhammad SAW

JAKARTA – Serial web tentang keberadaan Nabi Muhammad SAW sudah pernah dibuat menggunakan kecerdasan buatan (AI) oleh para kreator ke Pakistan juga Singapura. Mereka telah lama menghasilkan karya luar biasa yang tersebut berbeda dari batasan produksi tradisional.

Serial ini diberi nama “Muhammad: Rahmat untuk Seluruh Alam”. Serial web ini adalah hasil kolaborasi Qalbox ke MuslimPro lalu Qur’anscape.

Serial ini berfokus pada peristiwa-peristiwa penting pada hidup Nabi Muhammad SAW . Serial ini juga mengeksplorasi kepribadian dan juga sifat mulia Nabi tercinta.

Dilansir dari Islamic Information, Kamis (28/3/2024), para individu yang digunakan mengerjakan serial web ini berasal dari beraneka negara. Yaitu, Singapura, Amerika Serikat, Inggris, juga Pakistan. Sementara individu yang dimaksud terlibat adalah penulis Script Fatima Sattar dari Lahore, produser Abbas Arslan dari Qur’anscape, sutradara Eman Khalid, dan juga produser eksekutif Junaidah Bte Said Khan dari Qalbox.

Dalam kesempatan ini, Abbas Arslan menyoroti peran Artificial Intelligence di menawarkan wawasan tentang hidup Nabi Muhammad SAW. Menurut dia, Teknologi AI sudah pernah menghilangkan batasan biaya serta waktu. Teknologi AI mengubah ide manusia berubah menjadi kenyataan yang digunakan diperlukan untuk proyek-proyek ini.

Sementara penulis skenario Fatima Sattar menyatakan memulai penelitiannya dengan ceramah Yasir Qadhi. Yasir Qadhi adalah pribadi sarjana dan juga teolog Muslim Pakistan-Amerika.

Dia mengemukakan oleh sebab itu keterbatasan waktu, penelitian yang dilaksanakan tidaklah banyak. Namun, kesalahannya diperbaiki oleh Mufti yang mana ada di dalam tim.

Menurut sutradara, penelitian serta penulisan skenario sama dengan pembuatan film tradisional. Namun, perubahannya terbentuk pada tahap pembuatan. Teknologi AI digunakan untuk mengubah skenario berubah jadi gambar dan juga kemudian bermetamorfosis menjadi video dengan menggunakan pengumuman AI.

Menurut tim, menciptakan kembali lingkungan serta budaya dari zaman Nabi Muhammad adalah sebuah tantangan. Serial web ini miliki total 10 episode. Qalbox by MuslimPro telah dilakukan merilis dua episode.

Artikel ini disadur dari Singapura dan Pakistan Ciptakan Serial AI tentang Nabi Muhammad SAW

Related Articles

Back to top button