Otomotif

Sopir Xpander Tabrak Porsche 911 GT3 dalam Showroom di Keadaan Mabuk, Ini adalah Ancaman Hukumannya!

Liputan76 – JAKARTA – Pengemudi Mitsubishi Xpander yang menabrak Porsche 911 GT3 yang tersebut terparkir dalam showroom telah ditetapkan tersangka. Pengemudi yang disebutkan terbukti berkendara di tempat bawah pengaruh alkohol alias mengemudi pada keadaan mabuk.

“Pengemudi pada keadaan mabuk, untuk tujuan beliau ke sana (showroom) kami masih melakukan pemeriksaan, akibat masih di proses penyidikan,” kata Kapolsek Teluknaga Wahyu Hidayat untuk wartawan, hari terakhir pekan (15/3/2024).

Pengemudi Xpander yang disebutkan akan dijerat pasal 200 KUHP juga atau 406 KUHP tentang pengrusakan barang milik orang lain. Pasal ini dikenakan lantaran pengemudi yang dimaksud berada pada balik kemudi tanpa kesadaran penuh akibat alkohol.

Selain itu, sopir Xpander juga sanggup terjerat pasal 106 ayat 1 Undang-undang no.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas serta Angkutan Jalan. Di dalamnya mengatur tentang seseorang yang mana sedang berkendara wajib di konsentrasi penuh.

“Setiap orang yang digunakan mengemudikan Kendaraan Bermotor di tempat Jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar lalu penuh konsentrasi,” bunyi pasal tersebut.

Apabila melanggar, maka sanggup dikenakan hukuman seperti yang dimaksud tertera di pasal 283 pada undang-undang yang dimaksud sama.

Dijelaskan di pasal yang disebutkan banyak hukuman juga denda yang mana harus ditanggung pengemudi yang melanggar.

“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor dalam jalan secara tak wajar lalu melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang digunakan mengakibatkan gangguan konsentrasi di mengemudi di area jalan sebagaimana dimaksud pada pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda paling sejumlah Simbol Rupiah 750 ribu,” bunyi pasal 283.

Berdasarkan penyelidikan awal, pengemudi Xpander mengkonsumsi minuman beralkohol di tempat rumahnya yang dimaksud tak terpencil dari lokasi showroom.

Ketika berada di dalam lokasi kejadian, pengemudi kehilangan kendali hingga menerobos showroom dan juga menabrak Porsche 911 GT3 yang mana terparkir.

Kerugian yang mana dialami Ivan’s Motor selaku pemilik showroom dikatakan mencapai Rp5,7 miliar, telah termasuk kehancuran pintu kaca juga mobil yang digunakan tertabrak.

Saat ini kepolisian juga masih melakukan penyelidikan lebih banyak lanjut mengenai peristiwatersebut.

Related Articles

Back to top button