Otomotif

Speedometer Tidak Akurat kemudian Sering Error, Apa Sebabnya?

Liputan76 – Speedometer, alat penunjuk kecepatan mobil, merupakan elemen penting pada berkendara. Bayangkan apabila jarumnya mendadak tak bergerak, atau bergerak tidaklah menentu!

Ketidakakuratan speedometer dapat membahayakan keselamatan juga membuatmu frustrasi. Bahkan bisa saja juga bikin kita sebagai pengendara malah kena tilang gara-gara tak sengaja menembus batas kecepatan.

Nah buat yang dimaksud penasaran, apa yang digunakan menyebabkan speedometer error? Begini penjelasannya menurut berbagai sumber:

1. Kabel Penggerak Bermasalah

Kabel yang dimaksud menghubungkan speedometer dengan transmisi bisa saja kendor atau putus. Hal ini menyebabkan informasi kecepatan tidak ada akurat. Periksa kabel yang terletak di dalam bagian depan mobil. Kabel ini lentur serta rawan putus pada mobil tua.

2. Kerusakan Gearbox

Sensor kecepatan pada gearbox yang digunakan bermasalah dapat menyebabkan ketidakakuratan speedometer. Pemeriksaan gearbox diperlukan apabila speedometer tiada berfungsi dengan baik.

3. Gangguan Kelistrikan

Tegangan listrik yang dimaksud tidaklah stabil dan juga sekring yang digunakan rusak dapat memengaruhi kinerja sensor kecepatan juga speedometer. Periksa sekring pada sebelah terminal sel positif.

4. Kerusakan Panel Instrumen

Kerusakan pada panel instrumen, termasuk speedometer, dapat menyebabkan pembacaan yang mana tak akurat. Gunakan scan tool untuk mendeteksi kecacatan kemudian lakukan penggantian panel di tempat bengkel.

5. Sensor Kecepatan Mengalami Kerugian atau Kotor

Sensor kecepatan yang dimaksud rusak atau kotor dapat menyebabkan pembacaan yang mana tak akurat. Periksa sensor juga bersihkan dari kotoran, minyak, atau air.

Tips Mencegah Speedometer Error

  • Periksa kabel lalu sensor speedometer secara rutin.
  • Pastikan kelistrikan mobil stabil.
  • Rawat panel instrumen dengan baik.
  • Bersihkan sensor kecepatan dari kotoran.

Dengan mengetahui penyulut dan juga tips pencegahannya, kamu dapat menjaga speedometer tetap memperlihatkan akurat lalu berkendara dengan aman.

Related Articles

Back to top button