Kesehatan

Studi: Lilin Aromaterapi Sangat Membahayakan bagi Kesehatan, Bisa Sebabkan Sakit Kepala

Liputan76 – JAKARTA – Banyak orang menganggap penyelenggaraan lilin aromaterapi punya dampak positif, seperti memberikan efek relaksasi serta membantu menghilangkan stres . Tapi, pada penelitian terbaru, lilin aromaterapi sebenarnya berbahaya bagi kesehatan.

Dikutip dari New York Post pada Hari Jumat (29/12/2023), di penelitian yang digunakan diterbitkan Annals of Medicine and Surgery, penyelenggaraan lilin aromaterapi bisa saja menyebabkan vertigo, sakit kepala hingga permasalahan pernapasan.

Tidak berhenti di dalam situ saja, pemakaian lilin aromaterapi juga dapat menyebabkan mata berair, bersin-bersin juga bahkan hidung tersumbat jikalau pembakarannya dilaksanakan di area ruangan yang tersebut tertutup tanpa ada fentilasi udara sejenis sekali.

Menurut para peneliti, ini dikarenakan sejumlah lilin aromaterapi mengandung bahan-bahan yang berpotensi membahayakan orang-orang yang digunakan miliki permasalahan kesehatan. Adapun unsur yang tersebut paling berperan menggangu kebugaran adalah toluena.

Toluena sendiri sejumlah ditemukan pada lilin yang terbuat dari parrafin atau lilin berbahan dasar minyak bumi. Bahan berbahaya ini berperan pada sederet hambatan kondisi tubuh termasuk mengganggu sistem saraf, sistem pernapasan, dan juga perkembangan otak.

Selain toluena, ada juga unsur berbahaya bernama benzidine. Bahan ini dapat ditemukan di tempat beberapa pewarna yang tersebut digunakan untuk mewarnai lilin yang tersebut dapat menyebabkan perkembangan sel neoplasma kandung kemih.

Peneliti menyampaikan segudang hambatan kondisi tubuh ini merupakan efek jangka panjang. Sebagai alternatif, peniti merekomendasikan wewangian alami dibandingkan wewangian sintetis yang digunakan umum digunakan.

(Sumber:SindoNews)

Related Articles

Back to top button