Lifestyle

Tersangka Korupsi, Harvey Moeis Suami Sandra Dewi Rugikan Negara Rp271 Ribu Miliar

JAKARTA – Kejaksaan Agung telah dilakukan menetapkan Harvey Moeis , suami Sandra Dewi sebagai dituduh persoalan hukum korupsi timah pada Rabu, 27 Maret 2024. Atas aksinya, Harvey tercatat telah lama menyebabkan kerugian negara sebesar Rp271 triliun.

Kapuspenkum Kejaksaan Agung Ketut Sumedana mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil perhitungan penyidik sementara, Harvey menyebabkan kerugian negara sebesar Rp271 triliun. Korupsi yang direalisasikan suami Sandra Dewi ini juga berdampak pada perekonomian negara.

“Menurut perhitungan penyidik sementara sekitar Rp271 triliun. Itu termasuk kerugian negara juga perekonomian negara,” kata Ketut diambil dari kanal YouTube Intens Investigasi, Kamis (28/3/2024).

Penyidik, dijelaskan Ketut juga menghitung dampak atau kerugian lainnya yang disebabkan korupsi bapak dua anak itu. Termasuk pada antaranya kerusakan lingkungan hingga perekonomian ke tempat sekitar penambangan ilegal.

“Jadi penyidik ini mengitung juga dampak korupsi, dampak terhadap kerusakan lingkungan, dampak terhadap perkonomian pada sekitarnya akibat dari penambangan ilegal,” jelas Ketut.

Pria 38 tahun itu sendiri sudah pernah ditetapkan sebagai terdakwa ke-16 pada persoalan hukum korupsi PT Timah Tbk di dalam 2015 hingga 2022. Di mana beliau terlibat pada aksi penambangan ilegal itu dari 2018 hingga 2019.

“Kita lakukan proses penyidikan sekarang ini adalah penambangan ilegal PT Timah Tbk di tahun 2015 sampai 2022. Sedangkan keterlibatan terperiksa HM ini adalah 2018 kemudian 2019,” ujar Ketut.

Harvey Moeis ditetapkan sebagai terdakwa di perkara korupsi tata niaga komoditas timah wilayah izin usaha pertambangan (IUP) PT Timah Tbk pada periode 2015 hingga 2022.

Artikel ini disadur dari Tersangka Korupsi, Harvey Moeis Suami Sandra Dewi Rugikan Negara Rp271 Triliun

Related Articles

Back to top button