Teknologi

Tips Jitu Hemat Baterai Laptop: Hindari 7 Kebiasaan Ini!

Liputan76 – JAKARTA – Penyebab elemen penyimpan daya laptop cepat boros lalu cara mencegahnya penting dipahami. Hindari hal-hal berikut agar sel laptop tetap saja awet hingga bertahun-tahun.

Layaknya seperti perangkat elektronik lainnya, laptop juga mempunyai akumulator internal yang digunakan akan turun seiring berjalannya waktu. Sehingga menyebabkan berkurangnya masa pakai akumulator lalu cepat boros. Ini adalah salah satu kesulitan utama yang mana rutin dialami para pengguna.

Penyebab Baterai Laptop Cepat sekali Boros

Ada beberapa faktor yang digunakan dapat menyebabkan penyimpan daya laptop lebih tinggi cepat habis atau boros, antara lain:

1. Menggunakan kecerahan (brightness) pada tampilan layar laptop terlalu tinggi.
2. Laptop sedang dioperasikan pada mode Performa Tinggi
3. Terlalu sejumlah membuka perangkat lunak dalam latar belakang.
4. Menggunakan kegiatan atau aplikasi mobile yang menguras daya baterai, seperti software editing.
5. Terlalu sejumlah terhubung perangkat eksternal seperti kipas, mouse nirkabel, lalu keyboard yang dimaksud tersambung ke laptop
6. Menggunakan keyboard yang digunakan miliki lampu latar
7. Terkena virus atau malware dari sistem atau file yang mana tidak ada dikenal.

Cara Mencegahnya Baterai Laptop Rusak

Untuk mengatasi permasalah di dalam melawan ada beberapa langkah yang tersebut perlu diperhatikan, antara lain:

1. Periksa tingkat kecerahan layar laptop
Tanpa disadari tampilan layar laptop sangat mempengaruhi terhadap penyelenggaraan daya baterai, jadi periksa kemudian atur tingkat kecerahan layar laptop sesuai dengan kegunaan, menggunakan tingkat kecerahan layar secara berlebihan juga tidaklah baik untuk kebugaran mata.

Anda dapat mengatur tingkat kecerahan layar laptop dengan cara: Buka pengaturan > Sistem > Tampilan

2. Kurangi jumlah keseluruhan perangkat yang mana terhubung dengan jaringan
Terlalu sejumlah koneksi jaringan yang mana terhubung ke laptop mampu menjadi faktor terkurasnya elemen penyimpan daya secara berlebihan. Jika hal ini terjadi anda dapat mengaturnya dengan langkah berikut:

– Buka pengaturan > Koneksi jaringan
– Periksa koneksi yang sedang berpartisipasi dengan mengklik Panel Kontrol > Jaringan lalu Jaringan Internet > Koneksi Jaringan
– Klik kanan pada jaringan yang sebenarnya bukan Anda perlukan lalu nonaktifkan/lupakan

3. Mematikan lampu latar keyboard
Menggunakan lampu latar pada keyboard tidaklah terlalu dianjurkan, kecuali Anda sedang pada keadaan yang membutuhkannya.

Karena hal ini dapat menguras daya akumulator laptop. Normalnya Anda menggunakan lampu latar keyboard di tempat ruangan dengan penerangan gelap atau pada waktu bermain game.

Lampu latar keyboard dapat dengan mudah dimatikan yaitu dengan mencari tombol fungsi relevan pada keyboard itu sendiri atau dari menu pengaturan.

Related Articles

Back to top button