Kesehatan

Tips Mengatur Minum Air Putih selama Ramadan ala Menkes Budi, Pakai Rumus 2-4-2

Liputan76 – JAKARTA – Saat berpuasa, tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Hal ini kerap kali menjadi pemicu tubuh menjadi lemas.

Menkes Budi Gunadi Sadikin menghadirkan rakyat agar tidaklah lemas juga bermalas-malasan, meskipun sedang berpuasa. Salah satu yang digunakan bisa jadi menghasilkan tubuh tetap saja bugar walau berpuasa, yaitu dengan mengatur jadwal minum air putih .

“Memasuki bulan puasa bukanlah menjadi alasan untuk lemas dan juga malas kerja. Satu bulan ke depan jadwal makan kemudian minum kita akan berubah. Hal ini dapat menyebabkan kita tiada produktif lantaran kurangnya asupan cairan ke pada tubuh,” ujar Menkes Budi disitir dari unggahan akun Instagramnya @bgsadikin, Rabu (13/3/2024).

Dia menjelaskan bahwa selama puasa sebaiknya warga tetap saja memenuhi permintaan cairan di tubuh setiap harinya. Menkes Budi pun mengingatkan salah satu rumus 2-4-2 yang menjadi acuan untuk minum air putih selama puasa.

“Pastikan selama puasa kita harus minum minimal 8 gelas air putih perhari dengan rumus 2-4-2,” imbaunya.

Meminum air putih dengan cukup bukanlah belaka mengatasi cairan di tubuh, melainkan juga bisa saja mengurangi munculnya bau mulut selama berpuasa juga juga menjaga dari bibir kering atau pecah-pecah.

Rumus 2-4-2 ini menurut Menkes Budi dimulai dengan minum air putih dua gelas ketika berbuka puasa. Kemudian, Anda sanggup minum empat gelas air ketika waktu malam hari juga dua gelas selanjutnya mampu diminum ketika sahur.

“Dua gelas ketika berbuka, 4 gelas ketika waktu malam hari, juga dua gelas lagi pada waktu sahur. Jadi puasa itu tidak menjadi alasan untuk tidaklah menjaga kesehatan,” tutur dia.

Related Articles

Back to top button