Nasional

TKN Prabowo-Gibran Imbau Para Pihak juga Pendukung Tertib Pasang Baliho

Liputan76 – Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran mengimbau agar pihak-pihak dapat melakukan pemasangan baliho pemilihan umum secara tertib. Imbauan itu menyusul maraknya baliho-baliho terkait pemilihan umum yang berbahaya hingga menyebabkan penduduk celaka.

Menurut Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid selama ini pihaknya sudah ada secara tertib melakukan pemasangan baliho.

“Baliho yang mana membahayakan ya kalau TKN kan pasang balihonya dalam tempat yang tertib. Kalau ada publik yang digunakan masang baliho secara acak dan juga secara serampangan kami imbau untuk tertibkan,” kata Nusron di tempat Dunia Pers Center TKN, Ibukota Indonesia Selatan, Hari Senin (22/1/2024).

Baca juga:

  • Raffi Ahmad Puji Gibran, Nagita Slavina Melongo Tatap Suami Selvi Ananda
  • Sikap Mahfud MD Tak Mau Jawab Pertanyaan Gibran Disorot, Netizen Kaitkan Kisah Imam Syafi’i Berdebat dengan Orang Bodoh
  • Gibran Diyakini Tak Asal Pilih, Jaket Naruto Ternyata Mengandung Pesan Dalam

Imbauan sejenis juga ditujukan untuk para pendukung Prabowo-Gibran.

“Kalau itu pendukung kami mohon sekali lagi, masangnya yang digunakan indah supaya enak dipandang serta dilihat,” kata Nusron.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid di dalam kawasan GBK, Jakarta, Akhir Pekan (19/11/2023). (Suara.com/Yasir)
Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid di tempat kawasan GBK, Jakarta, Hari Minggu (19/11/2023). (Suara.com/Yasir)

Bahaya Baliho Caleg

Baru-baru ini, kembali padat persoalan video yang dimaksud beredar di dalam akun Instagram @seputar_jaksel, tentang dua pengendara kendaraan beroda dua motor telah terjadi duduk pada jalan dengan kondisi berdarah yang mana dibantu beberapa orang pengendara lain.

“Gara-gara bendera partai halangi jalan, pemotor celaka di dalam Fly over Mampang, ” tulis akun tersebut.

Ternyata kecelakaan itu, lantaran alat peraga kampanye (APK) yang mana terjatuh, menyebabkan kecelakaan sebuah sepeda gowes motor di tempat sekitar Jembatan Layang Kuningan, Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Kuningan Barat, Kecamatan Mampang Prapatan, Ibukota Selatan.

Peluk Erat Anies ke Muhaimin Usai Debat Ternyata Bertepatan dengan Hari Spesial Ini

“Pengakuan korban, ada bendera partai yang mana terpasang di tempat sepanjang ‘fly over’ itu jatuh mengenai motor kemudian terseret serta tersangkut sehingga menyebabkan motor serta korban terjatuh,” kata Kapolsek Mampang Prapatan Metro Ibukota Indonesia Selatan David Kanitero di area Jakarta, disitir Kamis (18/1/2024).

Baliho caleg nyatanya tak cuma merusak pemandangan di tempat ruang publik, namun telah memakan korban meninggal.

Salah satu kasusnya adalah malangnya nasib siswi SMK dalam Daerah Kebumen, Jawa Tengah yang mengalami kecelakaan dalam Alang-alang Amba, Desa Sidomulyo, Kecamatan Karanganyar, Kota Kebumen.

Berdasarkan informasinya, insiden kecelakaan tragis itu berawal dari korban yang dimaksud berboncengan dengan salah satu temannya yang saat ini mengalami luka dan juga dirawat di area rumah sakit.

Kala itu keduanya melaju dari arah timur, sesampainya di area lokasi, baliho bergambar Caleg DPR RI salah satu partai di tempat Dapil 7 mendadak roboh lantaran angin kencang. Korban sempat berupaya menghindar tapi tetap memperlihatkan tertimpa baliho caleg yang digunakan dipasang pada pinggir jalan.

Setelah tertimpa baliho, kemudian korban hilang kendali melawan kendaraannya. Nahas bagi mereka berdua, kendaraannya oleng kemudian tertabrak kendaraan tak dikenal yang digunakan melaju dari arah belakang.

Selain itu, ada beberapa contoh baliho yang dimaksud meresahkan:

  1. Dianggap merusak pemandangan akibat menutupi Taman Salak Condet, DKI Jakarta Timur.
  2. Anak kelas 4 SD alami luka di tempat pelipis usai tertimpa baliho di area Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS).
  3. Baliho dikaitkan ke pagar taman, lampu jalan, hingga memenuhi trotoar di tempat tempat Gondangdia.
  4. Baliho di dalam trotoar dan juga ganggu pejalan kaki, salah satunya dalam Jalan Cemara, Jakarta.
  5. Viral baliho terpasanga di tempat bukit di area Samarinda yang mana dianggap sia-sia lantaran muka calegnya tidaklah kelihatan.
  6. Baliho dipasang di tempat monumen Welcome to Batam.

Aksi Protes Warga Baliho Caleg

Belakangan ini sedang padat video yang digunakan menunjukkan sekelompok orang menandai poster caleg yang tersebut dipasang dalam pohon sebagai ‘Tersangka Penusuk Pohon’ menyebar pada media sosial. Pemasangan poster kampanye dari beberapa caleg tampak terkesan ugal-ugalan lantaran dijalankan pada pohon.

Pada cuplikan video itu tampak poster-poster caleg yang dipasang di dalam batang pohon dengan cara dipaku. Sekelompok orang itu kemudian terlihat menyebabkan kertas bertuliskan ‘Tersangka Penusukan Pohon’.

Ceramah Anies pada Masjid Batam Disebut Kampanye, TikTokers Kasih Paham Aturan Pemilu

Mereka kemudian menyemprotkan pilox dan juga cetakan kertas berkalimat, aksi publik menandai poster para caleg dengan tulisan ‘Tersangka Penusukan Pohon’.

Mereka juga menandai beberapa orang poster caleg di tempat kawasan tersebut. Pemasangan poster seperti itu tiada mengindahkan peraturan serta mengganggu kenyamanan publik sekitarnya.

Kemana Tindakan Hukum yang Membatasi Kampanye dengan APK di dalam Ruang Publik?

Berdasarkan UU pemilihan Pasal 280 ayat (1) tempat yang digunakan dilarang untuk berkampanye adalah infrastruktur pemerintah, tempat ibadah, serta tempat pendidikan. Praktik kampanye yang digunakan diperbolehkan hanya sekali berbentuk kunjungan langsung.

Namun, Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 65/PUU-XXI/2023 yang mana dibacakan pada Selasa, 15 Agustus 2023 memberikan kelonggaran untuk berkampanye di area ketiga tempat tersebut.

Tentu semata dengan aturan diundang oleh penanggung jawab lalu tanpa atribut kampanye. Dengan begitu, dapat dikatakan praktik kampanye yang dimaksud menggunakan atribut APK diperkenankan dalam berbagai ruang publik, kecuali ketiga tempat di area atas.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button