Otomotif

Volvo Resmi Hentikan Semua Produksi Mobil Bermesin Diesel

PARIS – Seperti yang tersebut diinformasikan tahun lalu, Volvo kini resmi tiada memproduksi model mobil baru bermesin diesel.


Berakhirnya masa pakai diesel Volvo menyebabkan SUV XC90 biru terakhir dengan mesin dirakit di dalam pabriknya di dalam Torslanda, Swedia, mengakhiri era 45 tahun.

Untuk memperingati XC90 terakhir bermesin diesel, unit khusus terakhir akan dipamerkan di dalam museum World of Volvo, Gothenburg.

Seperti dilansir dari Autoro, Kamis (28/1/2024), sejarah mesin diesel di dalam jajaran model Volvo dimulai dengan model 244 GL D6, namun tidak ada didukung oleh mesin produksi Volvo.

Sebaliknya, ia didukung oleh unit mesin enam silinder NA yang dimaksud dipinjam dari Volkswagen juga Audi.

Baru pada tahun 2001 Volvo memperkenalkan mesin dieselnya sendiri, mesin lima silinder yang mana dirakit dalam pabriknya di Skövde.

Rencana untuk mengakhiri pengembangan mesin diesel oleh Volvo telah dilakukan diinformasikan sejak tahun 2017 dan juga kini, warisan mesin diesel telah terjadi benar-benar hilang dari jajaran model Volvo.

Seiring dengan perkembangan zaman, langkah selanjutnya yang dimaksud bisa jadi diharapkan adalah penghentian total produksi kendaraan bermesin pembakaran internal (ICE).

Volvo merupakan salah satu produsen mobil yang dimaksud beralih fokus ke elektrifikasi, dengan pelanggan kendaraan listrik meningkat sebesar 70 persen pada tahun 2023, serta pangsa bursa listrik global meningkat sebesar 34 persen.

Seperti sejumlah perusahaan lain, Volvo berharap untuk berubah menjadi perusahaan kendaraan listrik sepenuhnya, kemudian mencapai target nol emisi pada tahun 2040.

Artikel ini disadur dari Volvo Resmi Hentikan Semua Produksi Mobil Bermesin Diesel

Related Articles

Back to top button