Otomotif

Waspada Curanmor Naik dalam Periode Ramadan, Ini adalah Cara Pencegahannya

Liputan76 – JAKARTA – Pencurian kendaraan beroda dua motor mengalami tren kenaikan pada waktu bulan Ramadan. Tak perlu khawatir, ada beberapa cara pencegahannya.

Melansir data Kepolisian Republik Indonesia, Awal Minggu (18/3/2024) terdapat lima jenis kejahatan yang mana mencatatkan jumlah keseluruhan tertinggi, salah satunya pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Whisnu Andiko mengungkapkan lima jenis kejahatan dengan jumlah total tertinggi, yaitu pencurian dengan pemberatan (curat) sebanyak 169 kasus, narkotika sebanyak 113 kasus, curanmor sebanyak 47 kasus, perjudian sebanyak 10 kasus, serta pencurian dengan kekerasan (curas) sebanyak 11 kasus.

“Pada Kamis, 14 Maret 2024, terdapat 1.673 kejadian gangguan kamtibmas. Sedangkan pada Rabu, 13 Maret 2024, terdapat 1.792 kejadian,” kata Trunoyudo dikutipkan dari laman Humas Polri.

Menilik tingginya perkara pencurian sepeda gowes motor, Polri menyarankan agar para pemilik kendaraan memasang kunci ganda. Hal ini untuk menjaga dari terjadinya pencurian dan juga mengurungkan niat pelaku oleh sebab itu terpasangnya kunci pengaman tambahan.

Selain itu, pemilik kendaraan diimbau untuk mencabut kabel negatif akumulator atau aki agar kendaraan tak bisa saja dihidupkan. Selain itu, disarankan untuk menggunakan sarung motor untuk menghindari perhatian pelaku pencurian kendaraan bermotor .

Pemilik kendaraan juga disarankan memarkirkan kendaraannya pada di rumah atau di dalam pada pagar yang mana terkunci. Hal ini akan menimbulkan kendaraan tambahan aman lantaran pelaku pencurian harus bekerja ekstra apabila nekat melancarkan aksinya.

Related Articles

Back to top button